KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang
telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada
mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif
berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk
banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide
rule, jenis kalkulator mekanik
mulai dari abakus
dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik
yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti
"komputer" adalah "yang mengolah informasi"
atau "sistem
pengolah informasi."
Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata
"komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut
sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan
untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau
tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology,
kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk
"orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan
sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut
menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika
Serikat dan Inggris
yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung
pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin
sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai
komputer.
Sistem operasi
Sistem
operasi adalah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika
semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh beraneka-ragam program
komputer, setelah bertahun-tahun, pemrogram (programmer) akhirnya
memindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program mana yang akan
dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka
gunakan. Sistem operasi juga memberikan layanan (service) kepada program lain,
seperti kode yang membolehkan pemrogram untuk menulis program untuk suatu mesin
tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung pada
komputer.
Penggunaan komputer
Komputer digital pertama, memiliki ukuran yang
besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Komputer pada masa itu
umumnya digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal
AS awalnya dibuat untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan
(artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja
dengan semestinya (perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai
Januari 1946 dan melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan
bentuk lalu di bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama Australia,
mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu
proyek pembangkit Hidroelektrik besar. Selain
itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang
pertama, Colossus, dibuat selama Perang
Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu
akan dapat memainkan catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar
juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak data dan mengerjakan
tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia - misalnya, memelihara dan
memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan di
berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisis mereka sendiri. Penurunan
harga komputer membuat komputer dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil.
Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan banyak komputer kecil
untuk menyelesaikan tugas yang sebelumnya dilakukan oleh komputer kerangka
utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu lokasi
disebut sebagai server.
Dengan penemuan mikroprosesor
di 1970-an,
menghasilkan komputer yang sangat murah menjadi mungkin. PC menjadi populer untuk banyak tugas,
termasuk menyimpan buku, menulis, dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan
dan lain berulang matematika dengan lembarang sebar,
berhubungan dengan e-pos
dan, Internet.
Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah dikostumisasi komputer dapat
digunakan untuk banyak pekerjaan lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan
mengatur program, ditemukan cara mengaplikasikan mereka ke dalam alat lain
seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan industri.
Prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih
mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian,
perkembangan sistem rem anti terkunci di mobil). Saat
abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik, bentuk angkutan
bertenaga, dan batas produksi pabrik dikuasai di sisi komputer. Kebanyakan
insinyur memprediksikan bahwa ini akan terus berkembang.
Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).Perangkat keras
- Pemroses atau CPU sebagai unit pengolah data
- Memori RAM, tempat penyimpanan data sementara
- Hard drive, media penyimpanan data semi permanen
- Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
- Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor, speaker, headset, plotter, proyektor, dan printer
Perangkat lunak
- Sistem
operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software. - Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada komputer
- ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
- AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
- IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
- USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
Jenis komputer
- Komputer analog
- Komputer pulsa
- Mikrokomputer
- Komputer rumah (home computer)
- Komputer pribadi (PC)
- Server
- Minikomputer
- Mainframe computer
- Superkomputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar